Jumat, 08 Juni 2012

suhadahanum - Cara Membuat telor Asin

suhadahanum - Cara Membuat telor Asin
Artikel tentang Cara Membuat Telor Asin ini merupakan pengembangan dari artikel terdahulu Budidaya Ternak Itik. Bagi sobat peternarnak itik tentu ingin agar usahanya memperoleh keuntungan yang lebih besar. Selain keuntungan dari peternakan, sobat bisa menambah keuntungan dari jenis usaha dengan bahan baku hasil dari usaha sobat yang lain, yaitu budidaya ternak itik.



Cara membuat telor asin ternyata tidak sulit, dan modal yang diperlukanpun tidak terlalu besar. Apalagi bila bahan bakunya sobat peroleh dari usaha ternak itik sendiri. Oleh karena itulah, saya menyarankan pada sobat peternak itik yang belum mencoba untuk membuat telor asin, setelah membaca tulisan ini akan segera mencobanya.

Adapun Cara Membuat Telor Asin adalah sebagai berikut:
 Sobat pilih telur-telur yang kualitasnya baik. Telur yang baik akan dihasilkan oleh itik yang kondisi badannya naik/sehat.
  1. Cucilah telur dan bersihkan telur dari kotoran yang melekat. Lebih baik lagi bila menggunakan air hangat.
  2. Keringkan telur yang telah dicuci tersebut. Gunakan lap agar proses dapat berjalan lebih cepat.
  3. Amplas seluruh permukaan telur secara merata agar pori-porinya terbuka. Ketika mengamplas jangan terlalu lama sebab kulit telur akan semakin tipis sehingga akan semakin mudah retak atau pecah.
  4. Buat adonan pengasin. Pertama-tama buat campuran abu gosok dan garam dengan perbandingan 1:1. Setelah itu tambahkan air secukupnya sampai membentuk pasta. Selain abu gosok dapat juga menggunakan bubuk bata merah. Bungkus setiap telur dengan adonan secara merata di permukaan telur dengan tebal ±2 mm.
  5. Simpan telur dalam ember plastik selama 2-3 minggu dan letakkan pada ruang terbuka.. Semakin lama disimpan kadar garam dalam telur akan semakin tinggi sehingga telur akan semakin awet tetapi rasanya akan semakin asin.
  6. Setelah selesai bersihkan telur dan pastikan telur tetap dalam keadaan utuh dan bagus.
  7. Bila  ingin telur asin dapat lebih tahan lama, rendam telur dalam larutan the selama ± 1 minggu. Hal ini dilakukan agar zat tannin yang terkandung dalam daun teh dapat menutupi pori-pori kulit telur yang sebelumnya terbuka akibat proses pengampelasan.
  8. Bersihkan dan rebus telur asin hingga benar-benar masak.
Perlu saya tambahkan, telor asin selain mengawetkan telur sehingga lebih tahan lama, ternya telor asin juga mempunyai kandungan gizi yang lebih tinggi dari pada telor biasa ( tidak diasin ). Hal itu dapat sobat perhatikan perbandingan kandungan gizi antara telon asin dengan telor yang tidak diasin.

Berikut merupakan komposisi nilai gizi yang terkandung dalam telur .
Komposisi
Satuan
Telur Ayam
Telur Bebek (Itik)
Telur Bebek Asin
Kalori
kal
162
189
195
Protein
g
12,8
13,1
13,6
Lemak
g
11,5
14,3
13,6
Hidrat arang
g
0,7
0,8
1,4
Kalsium
mg
54
56
120
Fosfor
mg
180
175
157
Besi
mg
2,7
2,8
1,8
Vitamin A
S.I.
900
1230
841
Vitamin B-1
mg
0,10
0,18
0,28
Air
g
74
70,8
66,5
Selamat mencoba, semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar: